banner 728x90

Orang Sukses adalah Orang yang Berani Jalani Tantangan !

Orang Sukses adalah Orang yang Berani Jalani Tantangan !

Dalam berkehidupan sehari – hari, selalu ada tantangan, dimana potensi kegagalan tampak mengepung di setiap sudut. Dalam menghadapinya, anda mungkin sudah sering mendengar nasehat, “ percaya dirilah ! ”
Dan seringkali ketika mendengarnya, anda berpikir dan bergumam dalam hati, “ seandainya bisa semudah itu. ”

[ dalam ungkapan Sunda sering atau pernah denger,
” Ah, maneh mah pehul ! ” ]

Sampai disini, apa yang anda ketahui tentang percaya diri ?

Percaya diri merupakan rasa yakin bahwa kita berharga, berguna dan cakap atau sering juga disebut sebagai “ self esteem ” ditambah dengan optimisme karena anda yakin dengan kemampuan anda.
Perasaan – perasaan tersebut pada akhirnya mendorong anda bertindak berani untuk menghadapi tantangan yang menghadang.
Percaya diri mampu mengubah gagasan menjadi tindakan.

Lantas, dari mana rasa percaya diri berasal ?

Ada beberapa faktor yang memengaruhi rasa percaya diri.

  1. Komponen bawaan lahir anda. Misalnya dari gen anda yang memengaruhi hal – hal seperti keseimbangan neurokimia pada otak.
  2. Bagaimana anda diperlakukan. Hal ini mencakup tekanan dan tuntutan sosial dari lingkungan tempat anda tinggal dan dibersarkan ( menjalani kehidupan ).
  3. Hal – hal yang bisa anda kendalikan, meliputi pilihan yang anda buat, risiko yang anda ambil dan bagaimana anda berpikir serta merespons tantangan dan rintangan yang dihadapi.

Sangat tidak mungkin untuk memisahkan ketiga faktor ini, akan tetapi pilihan pribadi yang kita buat sudah tentu memainkan peran penting dalam pembentukan rasa percaya diri. Jadi, dengan mengingat beberapa tips praktis ini, maka kita akan mempunyai kemampuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri.

  1. Perbaikan kilat.
    Ada beberapa trik untuk meningkatkan rasa percaya diri secara drastis dalam waktu singkat. Salah satunya bisa dilakukan dengan membayangkan kesuksesan diri anda ketika menyelesaikan suatu tugas atau tantangan yang sulit. Lalu, bisa juga dengan melakukan hal yang sederhana seperti mendengarkan musik yang mampu memberikan semangat dan membantu anda memiliki perasaan berkuasa dan mampu untuk melakukan suatu hal.
    Anda juga bisa membuat gestur dan postur tubuh yang tegas dan memberikan kata kata motivasi pada diri sendiri.

[ bergabunglah dengan komunitas yang terbiasa lakukan hal – hal yang ‘ impossible ‘ ( tak mungkin/mustahil ) jadi ‘ possible ‘ ( mungkin/terjadi ) ]

  1. Percaya bahwa kemampuan anda bisa berkembang setiap waktu. Jika anda merencanakan perubahan jangka panjang, pertimbangakan cara anda berpikir tentang kemampuan dan bakat anda.
    Apakah hal tersebut sudah ditetapkan saat kelahiran anda ?
    Atau kemampuan anda masih bisa dikembangkan ? Misalnya seperti otot yang dapat berkembang ketika dilatih ( ? )
    Keyakinan ini penting, karena dapat memengaruhi cara anda dalam bertindak ketika anda mengalami rintangan dan kegagalan.

Jika anda mempunyai pola pikir tetap ( fixed mind set ), artinya meyakini bahwa bakat dan kemampuan anda sudah tidak bisa berubah, maka anda bisa saja menyerah. Hal ini dikarenakan anda merasa menemukan sesuatu hal yang tidak dapat anda kuasai.

Tapi, jika anda memiliki pola pikir berkembang ( growth mind set ) dan meyakini bahwa kemampuan anda bisa ditingkatkan, maka anda akan memandang suatu tantangan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar dan berkembang.

Penelitian tentang neurosains sangat mendukung pola pikir ‘ growth mind set ‘. Koneksi antar neuron di otak terbukti bisa menguat setelah belajar dan latihan. Lebih jauh, rata – rata orang yang mempunyai pola pikir ‘ growth mind set ‘ relatif lebih sukses, mempunyai nilai yang lebih baik dan mampu melakukan sesuatu hal lebih baik ketika menghadapi tantangan.

  1. Jalanilah kegagalan. Menemukan kegagalan ? Hadapilah !!!
    Anda akan beberapa kali menemui kegagalan dan semua orang juga mengalaminya.
    J.K. Rowling, dahulu ditolak oleh 12 penerbit yang berbeda sebelum akhirnya Harry Potter diterbitkan. Perusahaan Wright bersaudara dibangun di atas sejarah kegagalan penerbangan, termasuk kegagalan mereka sendiri. Sebelum pada akhirnya mereka berhasil mendesain pesawat yang bisa terbang.

Riset menunjukan, mereka – mereka yang sering gagal namun tetap terus mencoba, ( akan ) jauh lebih mampu untuk menghadapi tantangan dan rintangan dengan cara – cara yang konstruktif. Mereka lalu belajar mencoba strategi yang berbeda, bertanya dan meminta saran dari orang lain dan bersikap gigih.

Jadi, sa’at anda memutuskan untuk menghadapi suatu tantangan, sadarilah bahwa hal tersebut tidak akan mudah. Terimalah bahwa anda akan membuat kesalahan dan hiburlah diri anda ketika gagal.

Berikan diri anda motivasi, bangkitlah dan lanjutkan perjuangan. Perasaan yang akan muncul sa’at anda sadar bahwa apapun hasilnya, maka anda telah berhasil mendapatkan ilmu dan pemahaman baru.
Inilah percaya diri.

[ Honda berkata,
” Kesuksesan adalah 1 % bakat dan 99 % kerja keras ! ” ]

Cimahi, Selasa, 13 Juli 2021
Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan