banner 728x90

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bersama Teh Nurul Arifin di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bersama Teh Nurul Arifin di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021

Tema acara :

” Peran Pers dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa “

Acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama Persatuan Wartawan Nasroni ( Pewarna ) Jawa Barat bertempat di Yayasan Bukit Doa El Shaddai Jalan Kolonel Masturi No 59 Lembang Jawa Barat pada tanggal 23 Juni 2021 menghadirkan Nara Sumber :

  1. Ibu Nurul Arifin
    Anggota Komisi I DPR RI.
  2. Dr. Kikit Sugata S.H.
  3. Pembimas Kristen Jawa Barat : Ibu Surya Minda Sirait, S.H.
  4. Moderator : Bapak Ricardo

Teh Nurul memaparkan pengertian Pers Dalam Konstitusi, Berita Hoax Ancam Serius Bagi Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara, Jenis Media Penyebar Berita Hoax, Sanksi Bagi Penyebar Berita Hoax, 5 Pilar Literasi Digital Untuk Menangkal Hoax dan Peran Pers Dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis uraian yang tersedia.

Keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia terancam serius terbecah belah akibat masyarakat setiap hari mengkonsumsi berita bohong, palsu dan fitnah atau hoax ( hoaks ).
Kurangnya pengetahuan masyarakat dan kepentingan politik serta ekonomi tertentu telah jadikan berita hoaks sebagai kendaraan utama untuk mencapai tujuan mereka.

Berita hoaks yang paling banyak masyarakat terima dalam bentuk tulisan.
Sedangkan saluran media penyebar hoaks urutan teratas adalah social media.

Ancaman sanksi pidana bagi siapapun penyebar berita bohong dan menyesatkan adalah pidana paling lama 6 tahun penjara dan/atau denda maksimal 1 miliar.
Sungguh berat ancamannya.

Ada 5 pilar literasi digital untuk menangkal hoax :

  1. Share With Care ( bagikan dengan berhati – hati ),
  2. Critical Thinking ( berfikir kritis ),
  3. Protect Your Self ( lindungi privasi ),
  4. Jadilah netizen yang baik hati,
  5. Jadilah netizen yang berani.

Peran pers sangat signifikan untuk melawan kekacauan informasi, banjir dan ‘ tsunami ‘ hoaks, ujaran kebencian dan fitnah yang jadi ancaman serius bagi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Peran pers sangat dibutuhkan untuk menyampaikan informasi yang akurat, faktual dan valid sehingga masyrakat tercerahkan.

Terakhir Teh Nurul menegaskan bahwa peran pers selain memiliki tanggung jawab teknis profesional, Pers memiliki tanggung jawab atas sosial kebangsaan yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sebagai implementasi dari nilai – nilai 4 Pilar MPR RI :

  1. Pancasila
  2. UUD 1945
  3. NKRI
  4. Bhinneka Tunggal Ika

Acara Sosialisasi ini dimulai pukul 13.00 sampai dengan 18.00 WIB dan dihadiri para pengurus dan anggota Pewarna Jawa Barat.
Tetap menggunakan protokol kesehatan.

Semoga lewat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini sedikit demi sedikit bisa memberi solusi dan mengurai permasalahan serta kemelut yang sedang menerpa bangsa dan negara Indonesia, aamiiin.

Bandung, Jum’at, 9 Juli 2021

Zaki CJI &
Sumber dari Dadan Tim Nurul Arifin

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan