banner 728x90

200 US Dollar ( USD ) Harga Sebuah Melon !

200 US Dollar ( USD ) Harga Sebuah Melon !

Harga sebuah melon di Jepang bisa mencapai harga 200 US Dollar (USD). Harga tersebut masih belum ada apa – apanya jika dibandingkan dengan harga melon yang bisa dicapai oleh beberapa orang.
Pada bulan Mei tahun 2019, dua melon dari Hokaido terjual dalam pelelangan dengan harga 5 juta Yen. Jumlah tersebut setara dengan 46,906 USD ( kurs pada 28 Februari 2021 ).

Lantas, apa yang menjadikan harga Melon di Jepang begitu mahal ?

Jawabannya sangat berkaitan dengan budaya di Jepang yang memperlakukan buah sebagai barang mewah yang diberikan sebagai hadiah. Dalam hal ini, Melon termasuk buah yang paling mahal.

[ Perlakuan terhadap buah itu sendiri yang sangat menentukan ]

Dari jenis Melon Yubari King, Melon Andes, Melon hijau Higo dan masih banyak lagi jenisnya dimana melon tumbuh dan berkembang di hampir seluruh wilayah di Jepang. Bisnis melon merupakan bisnis yang sangat serius di Jepang. Buah melon, secara transaksional bukanlah sekedar camilan di Jepang, melainkan merupakan suatu kemewahan yang sering berperan dalam budaya memberi hadiah di Jepang.

Di Jepang, melon tidak hanya dikagumi karena rasanya, tetapi juga karena penampilan fisik mereka. Crown Melon merupakan salah satu varietas melon yang paling terkenal di Jepang.

Crown Melon hanya ditanam di prefektur Shizuoka, Jepang tengah dan harga per buahnya masing – masing lebih dari 200 USD. Melon ini sangat berbeda dengan melon produksi massal yang dijual dengan harga 5 USD yang mungkin biasa anda temui di supermarket biasa, Crown Melon selalu dirawat dan diperhatikan dalam setiap tahapan pertumbuhannya.

[ Buah saja begitu istimewa mereka perlakukan, apalagi manusianya ]

Dalam urusan tingkatan kualitas, Crown Melon memiliki empat tingkatan ; Fuji, Yama, Shiro dan Yuki. Melon manapun ( biasa ) dengan cacat kecil sekalipun akan ditandai sebagai Yuki. Tiga tingkatan teratas ditandai dengan kandungan gula dan penampilan yang sempurna.

Biasanya 55 % hasil panen menghasilkan melon dengan kualitas Shiro ( kelas tiga ) dan 25 % menghasilkan kualitas Yama. Hanya 0,1 % atau satu dari 1.000 melon yang dipanen, dinilai sebagai melon dengan kualitas Fuji, kualitas tertinggi.

Pekerjaan menanam dan merawat Crown Melon semuanya dilakukan sepenuhnya dengan tangan. Hal ini bukan hanya sekedar usaha untuk mendapatkan rasa yang tepat, tetapi juga menyempurnakan penampilan. Setelah sekitar 50 hari bibit Crown Melon ditanam, tanaman mulai berbunga dan bakal buah mulai bermunculan. Dari sini, kerja keras baru saja dimulai.

Sa’at buah menjadi lebih besar pada setiap tanaman, mereka dibungkus secara hati – hati menggunakan kertas putih untuk melindunginya. Setelah pola jaring pada kulit melon berkembang, maka setiap melon dipijat dan dipoles menggunakan tangan. Selama periode pertumbuhan terakhirnya, buah ditutup menggunakan pembungkus khusus untuk melindunginya dari matahari.

Para petani bisa menghabiskan ( memakai ) beberapa pasang sarung tangan putih untuk memoles dan mengelus melon – melon ini. Selain itu, koperasi pertanian juga membantu para petani untuk menjaga harga Crown Melon agar tetap tinggi.

Perusahaan Shizuoka Crown Melon melakukan pengawasan distribusi dan pemeriksaan melon hasil panen lebih dari 200 petani. Mereka memastikan bahwa kualitas Crown Melon tetap tinggi dan tidak ada permainan harga.

Jika anda ingin tahu, setiap buah Crown Melon yang dihasilkan petani Shizuoka memiliki keseimbangan rasa yang kompleks, sangat berair dan manis. Anda yang harus memutuskan sendiri apakah harga Crown Melon yang sangat tinggi sepadan dengan rasanya.

Terlepas dari harga Crown Melon yang tinggi, ada pasar yang besar untuk buah ini di seluruh Jepang. Konsumen rela dan bersedia membayar mahal untuk memastikan bahwa hadiah mereka ( Crown Melon ) sempurna, mengingat pekerjaan berat yang telah dilakukan untuk memproduksinya.

Crown Melon sering dijual dengan wadah kotak kayu khusus, mereka dijual satuan. Dalam kotak kayu, Crown Melon diletakan di atas kain sutra dan jerami, kotaknya diikat dengan pita. Di Jepang, ketika memilih hadiah yang sempurna, harga tinggi dianggap sebagai penanda kualitas.

Lantas, bagaimana dengan melon seharga 46,906 USD yang disebutkan di awal artikel ?

Di awal musim panen, buah angkatan pertama dengan kondisi sempurna dilelang. Buah ini seringkali dicari dan diperlombakan sebagai piala untuk ditawar oleh bisnis lokal. Setiap tahun, rekor – rekor baru dicatatkan dan ditetapkan untuk penjualan Crown Melon dan sepertinya harganya tidak akan turun dalam waktu dekat.

Cimahi, Minggu, 28 Februari 2021

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan