banner 728x90

Konsumsi Cabai, Hidup Lebih Lama, Penelitian yang Bilang !!

Konsumsi Cabai, Hidup Lebih Lama, Penelitian yang Bilang !!

Dilansir dari interestingengineering.com, Sebuah studi berhasil menemukan kaitan antara memakan/mengkonsumsi cabai dengan tingkat kanker dan permasalahan kardiovaskular pada manusia. Sebuah studi baru yang dipresentasikan pada pertemuan virtual American Heart Association’s Scientific Sessions 2020 di bulan November 2020 mengumumkan kesimpulan bahwa dengan mengkonsumsi cabai, dapat memperpanjang usia.

Penelitiaan sebelumnya telah menunjukan bahwa cabai memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, antikanker dan penurunan glukosa darah.
Sebuah penelitian tahun 2017 yang diikuti lebih dari 16.000 orang Amerika selama hampir 20 tahun menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi cabai, maka mempunyai 13 % peluang lebih kecil untuk meninggal sebelum waktunya.

Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan mengamati kesehatan dan kebiasaan diet lebih dari 570.000 orang di Amerika Serikat, Tiongkok dan Iran.

Adapun kesimpulan mereka bahwa orang yang rutin mengkonsumsi cabai memiliki :

  1. Penurunan 25 % risiko pada semua penyebab kematian
  2. Penurunan 23 % risiko angka kematian akibat kanker
  3. Penurunan 26 % mortalitas kardiovaskular

Peneliti senior dari penelitian tersebut, Bo Xu, yang merupakan ahli jantung di Heart, Vascular and Thoracic Institute of the Cleaveland Clinic di Cleaveland, Ohio mengatakan kepada surat kabar Inggris, The Independent :
“ Kami terkejut menemukan bahwa dalam penelitian ini, konsumsi cabai berhubungan dengan pengurangan risiko keseluruhan dari semua penyebab penyakit kardiovaskular dan kematian akibat kanker. ”

Sayangnya, penelitian tersebut tidak menyertakan informasi terkait jenis cabai mana yang dikonsumsi oleh para responden, serta seberapa banyak atau seberapa sering cabai tersebut dikonsumsi.
Seperti pada penelitian tahun 2017 dan penelitian-penelitian sebelumnya, penelitian ini tidak menunjukan hubungan sebab akibat, hanya korelasi antara makan cabai dan angka kematian yang lelbih rendah.

Lebih jauh, penelitian tersebut tidak menjawab pertanyaan apakah pengkonsumsi cabai memiliki gaya hidup yang lebih sehat secara keseluruhan ?

Meski begitu, dapat disimpulkan bahwa cabai merupakan tanaman yang bermanfa’at bagi manusia. Berikut sedikit informasi terkait cabai.

Cabai termasuk dalam keluarga nightshade atau Solanaceae. Keluarga ini termasuk ke dalam tanaman yang bisa dimakan seperti tomat, kentang, terong, paprika dan cabai.
Cabai dapat dimakan segar, dipanggang, dikeringkan, dihancurkan menjadi bubuk, diawetkan atau dikonsumsi dengan cara lain.

Tanaman dari keluarga nightshade termasuk tanaman yang telah lama dimanfa’atkan untuk menghasilkan obat skopalamin yang digunakan untuk mengobati mabuk perjalanan. Selain itu, tanaman jenis ini juga mengandung atropine yang digunakan untuk mengatur detak jantung.

Pada 1980-an, Amerika Serikat jatuh cinta dengan rasa pedas cabai. Rasa pedas tersebut didapat dari senyawa capsaicin pada cabai.
Rasa pedas sebenarnya merupakan suatu bentuk rasa panas. Panas cabai diukur dalam Scoville Heat Units (SHU) dan hampir semua mamalia mengalami nyeri sa’at makan cabai, kecuali burung.
Cabai tidak tercerna dalam sistem pencernaan burung sehingga keluar lagi dalam kotoran burung, artinya burung bisa berperan dalam menebar bibit cabai secara alamiah.

Informasi bahwa cabai dapat memperpanjang umur merupakan kabar yang baik, terutama bagi bangsa Indonesia. Hampir seluruh suku bangsa di Indonesia menyukai mengkonsumsi makanan yang pedas, terutama sambal.

Sambal terbuat dari cabai yang ditumbuk atau digiling, setiap daerah mempunyai jenis sambal khasnya masing-masing.
Sambal yang paling terkenal adalah sambal terasi yaitu sambal yang dalam proses pembuatannya menggunakan terasi.

Semoga, ke depannya penelitian terkait konsumsi cabai dapat dikembangkan lagi dan dapat memberikan manfa’at bagi umat manusia.

[ semoga bangsa Indonesia mempunyai perkebunan cabai Nasional yang lebih besar dari perkebunan sawit ]

Cimahi, Minggu, 13 Desember 2020

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan