banner 728x90

Kompepar Cidadap : Menggapai Asa Merajut Rasa !

Kompepar Cidadap : Menggapai Asa Merajut Rasa !

Dalam suatu organisasi, penting kiranya untuk mempunyai struktur organisasi yang baik.
Suatu struktur dibuat dalam organisasi bertujuan untuk menjalankan organisasi dengan tugas dan fungsi masing-masing jabatan sesuai tupoksinya.
Intinya, struktur organisasi berperan untuk memisahkan tanggung jawab dan wewenang anggotanya.

Jika dalam suatu organisasi tidak memiliki komponen penting dalam struktur organisasinya, maka bisa terjadi gangguan dalam operasional ke depannya, terutama dalam urusan alur manjemen dan pengelolaan.

Adapun beberapa alasan mengapa struktur organiasasi merupakan hal yang penting dan harus ada dalam setiap organisasi :

  1. Kejelasan Kedudukan
    Struktur organisasi menjelaskan kedudukan dan posisi dari masing-masing anggota. Hal ini penting untuk koordinasi antar bagian.
  2. Kejelasan Dalam Jalur Koordinasi
    Dalam menjalankan kegiatan operasional organisasi, maka setiap anggota menjalankan tugas dan mempunyai tanggung jawab. Dalam hal ini, setiap anggota harus memiliki kedudukan yang jelas, sehingga dapat memberikan kejelasan dalam jalur koordinasi, maka proses koordinasi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
  3. Kejelasan Tanggung Jawab
    Setiap anggota dalam organisasi memiliki tugas, wewenang dan tanggung jawab masing-masing. Tumpang tindih wewenang dalam suatu organisasi dapat menjadi masalah serius, terutama dapat menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam pengambilan keputusan.
  4. Pengendalian dan Pengawasan
    Adanya struktur organisasi penting untuk pengendalian dan pengawasan bagi seorang pimpinan terhadap anggotanya. Hal ini penting untuk mencapai tujuan dari berdirinya suatu organisasi, terutama dalam urusan monitor dan evaluasi kinerja, sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada tanggal 29 November, Kompepar Kecamatan Cidadap Kota Bandung membentuk struktur kepengurusan organisasi.
Kompepar merupakan kependekan dari kelompok penggerak pariwisata. Kompepar merupakan salah satu unsur masyarakat pariwisata yang berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam membangun dunia kepariwisataan.

Pada tanggal 29 November diadakan rapat di Kampung Tjibarani, Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap untuk membentuk dan menentukan struktur kepengurusan organisasi Kompepar Cidadap Kota Bandung.
Kegiatan ini dipimpin oleh ketua Kompepar Cidadap, Nanang Irsan Ismail serta dihadiri oleh para pelaku pariwisata Cidadap dan perwakilan dari HPI, Himpunan Pemandu Wisata Indinesia.

Terjadi diskusi terkait posisi-posisi apa saja yang dibutuhkan, serta siapa saja yang dirasa cakap untuk menempati posisi tersebut. Toto Sugiarto dari HPI menyarankan agar menggunakan struktur organisasi yang digunakan oleh Kompepar Pangandaran.

Chacha Suta Aryana dari HPI menyarankan untuk meninggalkan dan menghilangkan budaya 2 M dalam industri pariwisata. Istilah 2M merupakan bahasa gaul yang berasal dari bahasa Sunda,
“ Mangpang, Meungpeung ! ”.
Hal ini mengacu kepada kebiasaan orang-orang sekitar dan pengelola daerah tempat wisata yang sering memanfa’atkan situasi keramaian tempat wisata, pedagang asongan yang menggaggu dan maksa, WC berbayar dan Parkir Berbayar.
Ketiga hal tersebut merupakan penyakit, hal tersebut membuat kegiatan kepariwisataan sangat terganggu, maka oleh sebab itu harus dihilangkan.

Selain daripada pembentukan struktur organiasai Kompepar Cidadap, ada hal lain yang dibicarakan. Salah satunya adalah program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dimiliki oleh HPI.
HPI ingin bekerjasama dengan Kompepar Cidadap untuk menjalankan program tersebut, utamanya dalam penyuluhan sadar wisata dan pembentukan pemandu lokal.
Pembentukan pemandu lokal merupakan suatu bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan bimbingan teknis (bimtek) oleh HPI kepada masyarakat.

Nantinya, struktur organiasi Kompepar Cidadap akan diserahkan dan disahkan oleh Camat Kecamatan Cidadap.
Semoga Kompepar Cidadap dapat memberikan kontribusi yang positif bagi dunia per-pariwisataan di tingkat Kecamatan Cidadap Kota Bandung.

Cimahi, Jum’at, 4 Desember 2020

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan