banner 728x90

Sosialisasi dan Edukasi Program Buruan SAE untuk Menghasilkan Pangan Sehat, Alami dan Ekonomis

Sosialisasi dan Edukasi Program Buruan SAE untuk Menghasilkan Pangan Sehat, Alami dan Ekonomis

Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 menghantam berbagai sektor industri, tidak terkecuali industri pertanian dan pangan. Dalam hal ini, pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) mempunyai suatu program yang bernama ” Buruan SAE ” (Sehat, Alami, Ekonomis) untuk menghasilkan pangan yang sehat, alami dan ekonomis.

Pada tanggal 1 Desember 2020, diadakan sosialisasi dan edukasi program Buruan SAE di Bantaran Sungai Cikapundung RW 11 Bukit Jarian Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap Kota Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, saya berkesempatan mewawancarai Firman Maulana sebagai penyuluh pertanian lapangan.
Kang Firman menjelaskan bahwa ” Buruan SAE ” merupakan pengembangan dari “ Urban Farming ”. Buruan SAE ini merupakan suatu sistem pertanian “ urban farming ” yang terintegrasi, dimana di dalamnya terdapat (sektor) pertanian, peternakan, perikanan, pengolahan pasca panen dan pengolahan sampah.

Buruan SAE ini merupakan suatu sistem pertanian kompleks, bukan sekedar pertanian konvensional dan atau pertanian hidroponik, tetapi terdapat pengembangan-pengembangan lainnya. Ini cukup menarik, bagaimana suatu sistem pertanian dikombinasikan dengan peternakan, perikanan dan pengolahannya dalam suatu area.

Sasaran dari program ” Buruan SAE ” ini adalah (supaya) warga Kota Bandung sebagai tujuan utama dari program ini bisa dan mampu menjaga ketahanan pangan, khususnya di tingkat keluarga umumnya pada tataran masyarakat luas.

Untuk terlibat dalam program Buruan SAE ini, maka masyarakat harus membentuk suatu kelompok/komunitas. Lalu berkomunikasi dengan pihak Kelurahan, khususnya bagian EkBang.
Nantinya, akan dikirimkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk memberikan pembinaan.

Menurut Kang Firman,
” hal utama dan paling utama yang harus dipersiapkan untuk berpartisipasi di program ini bagi masyarakat adalah niat dan kesadaran akan ketahanan pangan. Sebab, sebanyak apapun ketersediaan sarana dan prasarana untuk menjalankan program Buruan SAE, tanpa niat dan kesadaran (kuat), maka program tidak akan berjalan dan terlaksana dengan baik. “

Ketika ditanya tentang kendala, Kang Firman menjelaskan bahwa sejauh ini belum ada kendala yang berarti, bahkan Kang Firman merasa senang dan bangga melihat antusiasme dan kesadaran masyarakat Kota Bandung yang tinggi terkait pangan (yang) sehat, alami dan ekonomis.
Sejauh ini, terdapat 30 Kecamatan di Kota Bandung yang sosialisasi, edukasi dan pembinaannya dilakukan oleh 11 PPL.

Harapan Kang Firman,
“ di Kota Bandung terdapat 1500 RW lebih, maka diharapkan setiap RW bisa membangun Buruan SAE masing-masing, ” ujar Kang Firman.

Kang Firman menjelaskan,
” hampir 90% bahan pangan yang dikonsumsi di Kota Bandung didapat dari wilayah luar Kota Bandung, seperti Kabupaten Bandung. Maka dari itu, program Buruan SAE jika dilaksanakan dengan baik, maka dapat menjadi solusi untuk menangani kebergantungan pangan Kota Bandung terhadap wilayah lain. “

Saya juga berkesempatan mewawancarai ibu Sita Sulistiyorini peserta sosialisasi dan edukasi program Buruan SAE di Kecamatan Cidadap. Beliau adalah warga dari RT 04 RW 11 Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap Kota Bandung.

Ibu Sita berpendapat bahwa kegiatan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan berlangsung seru, menyenangkan dan informatif. Banyak informasi dan keahlian penting yang didapatkan, khususnya di bidang pertanian dan ketahanan pangan.
Bagi ibu Sita, program ini merupakan suatu sarana penyaluran hobi, sebab beliau menyenangi kegiatan bercocok tanam.

Adapun kendalanya adalah ketidaktahuan terkait teknis-teknis pertanian tanaman pangan dengan baik dan benar.
Seperti penyemaian benih, penyiraman, media tanam dan lain sebagainya. Harapan kedepannya, ibu Sita berharap agar program ini bisa berhasil dengan baik, bisa menghasilkan produk pangan yang berlimpah dan bermanfa’at.

Cimahi, Jum’at, 4 Desember 2020

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan