banner 728x90

Dangdut : Lesti Lovers !

Dangdut : Lesti Lovers !

” Dangdut is a music of my country, my country of my country ! ”, berikut merupakan potongan lirik dari lagu Project Pop yang berjudul ‘ Dangdut Is The Music Of My Country ‘ pada tahun 2013.
Potongan lirik tersebut cukup menjelaskan tentang bagaimana eksistensi dangdut dan pengaruhnya di masyarakat Indonesia. Hampir sebagian besar orang Indonesia dari berbagai lapisan masyarakat dan berbagai usia menyukai, mengenal atau minimal mengetahui tentang musik dangdut.

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik populer tradisional Indonesia. Irama musiknya identik dengan ciri dentuman (tabuhan) gendang/kendang dengan irama yang khas. Jenis musik ini oleh sebagian besar orang Indonesia sering dianggap sebagai musik khas dari Indonesia. Musik dangdut sendiri berkembang dari akar musik melayu sekitar 1940 an.

[ berbicara musik dangdut, maka tidak bisa lepas dari tokoh legendaris dangdut Indonesia yaitu Rhoma Irama yang lebih populer dengan panggilan Bang Haji ! ]

Lebih jauh, musik dangdut dewasa ini menjadi suatu bentuk atau cara berkesenian yang mungkin paling fleksibel untuk menjelaskan kepada masyarakat dunia (manca negara) tentang Indonesia. Wiliam Frederick, seorang peneliti sejarah dari Ohio University menyatakan bahwa musik dangdut adalah prisma yang peka dan berguna untuk memandang masyarakat Indonesia.

[ Rhoma Irama is The King of Dangdut ]

Dalam perkara musik, sebagian orang menganggap musik sebagai identitas diri. Oleh sebab itu, mereka memilih jenis musik tertentu yang sesuai dengan konsep diri masing-masing. Tidak terkecuali para penikmat dan orang-orang yang menyenangi musik dangdut.

Adapun salah satu komunitas dari penikmat/penggemar musik dangdut tanah air adalah ‘ Lesti Lovers ‘ Bandung.
‘ Lesti Lovers ‘ Bandung (LLB) merupakan suatu kelompok fans dari penyanyi dangdut Lestiani Andryani, penyanyi (dangdut) berusia 21 tahun yang lebih dikenal dengan nama Lesti, Lesti Kejora atau Lesti Dangdut Academi.

Lesti merupakan juara ajang pencarian bakat D’Academy musim pertama. Lebih jauh, Lesti merupakan perwakilan Indonesia di ajang pencarian bakat D’Academy Asia dan keluar sebagai juara kedua. Lesti memiliki banyak fans yang tersebar di banyak kota di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, LLB merupakan salah satunya. LLB merupakan kelompok fans Lesti yang terorganisir dan berbasis di Kota Bandung.

Pada tanggal 29 November 2020, LLB merayakan hari jadi LLB yang ke 6 tahun di Arwiga Hotel Kota Bandung. Suatu jargon yang diusung dalam acara ini adalah
“ Silih Asah Silih Asih Silih Mikanyaah, Ngahiji Janten Kulawarga ”.
Acara tersebut secara operasional hanya perayaannya saja, hari ‘ anniversary ‘ sebenarnya jatuh pada tanggal 20 November 2020.
Lesti Lovers sendiri, dalam tataran nasional memiliki kepengurusan di hampir setiap kota di Indonesia. Lesti Lovers cabang Kota Bandung atau LLB sudah berdiri selama 6 tahun. Setiap Lesti Lovers di setiap kota memiliki tanggal hari jadi yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

Saya berkesempatan mewawancarai teh Widiya Asri, admin Lesti Lovers Bandung.

LLB selalu mempunyai acara rutin setiap tahun yaitu merayakan hari jadi Lesti Lovers Bandung. Perayaan tersebut diadakan untuk merayakan tanggal pertama bertemu dan berserikat pada tanggal 20 November 2014. Perayaan ini diselenggarakan setiap tahun sebagai ajang silaturahmi antar anggota.

Ada ataupun tiada Lesti, maka setiap tahun LLB selalu berkumpul dan bersilaturahmi, sebab hubungan antar anggota sudah seperti keluarga. Dalam hal ini,
“ Lesti berperan sebagai pemersatu kita pada awalnya, kesana nya kita berkeluarga, ” ujar teh Widiya.

Adapun kendala dalam perayaan ini adalah tidak sebebas seperti tahun-tahun terdahulu, hal ini disebabkan oleh pandemik Covid-19 yang masih berkecamuk. Untuk menanganinya, dalam pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan atau face shield, menjaga jarak dan menyediakan hand sanitizer.

Harapannya dengan acara ini LLB dapat lebih kompak lagi, kekeluargaannya dapat lebih erat lagi dan juga menjaga solidaritas.

Cimahi, Selasa, 1 Desember 2020

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan