banner 728x90

Mengenal Al Busyra (part 2) Basnur !

Mengenal Al Busyra (part 2) Basnur !

Al Busyra Basnur merupakan Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia. Al Busyra merupakan contoh nyata tokoh yang lahir dengan semangat dari daerah untuk internasional.
Beliau lahir, tumbuh dan berkembang dari suatu daerah yang bernama Anding Limbanang. Ketika SMP, beliau hidup mandiri dengan merantau ke Dangung-Dangung, Kecamatan di Kabupaten Lima Puluh Kota, agar dekat dengan sekolahnya. Aktivitas beliau ketika SMP cukup padat, beliau aktif berorganisasi di Pramuka dan dipercaya sebagai Ketua Osis.

Sejak SMP, Al Busyra senang membaca koran. Meski begitu, beliau ketika ingin membaca koran menumpang membaca ke warung-warung.
Hal ini dikarenakan keterbatasan uang,
“ Saya kalau mau beli nggak ada uang ! ” ucap Al.

Dalam suatu kesempatan, beliau membaca artikel di Koran Haluan. Artikel tersebut ditulis oleh seorang penulis yang namanya beliau kenali, Pak Syaharuwardi.
Beliau adalah salah satu pengajar di Madrasah tempat ibu Al mengajar.
Al Busyra beranggapan sangat hebat bagi seseorang manakala tulisan atau artikelnya bisa dimuat di dalam koran. Beliau merasa terbakar dan ada keinginan untuk mengklarifikasi ke Pak Syahruwardi.

Setiap Sabtu dan Minggu, beliau pulang ke rumahnya. Pada suatu kesempatan, Al menemui dan mengklarifikasi tentang artikel di koran Haluan kepada Pak Syahruwardi. Benar saja, Pak Syahruwardi membenarkan hal tersebut. Al menyampaikan niatnya agar bisa seperti Pak Syahruwardi.

“ Wah Pak, saya juga kepingin seperti Bapak ! ” ucap Al Busyra.
Al menyampaikan pertanyaan dan memohon untuk diajarkan tentang bagaimana caranya menulis artikel, serta bagaimana caranya agar tulisan yang dibuat bisa dimuat di koran.

Singkat cerita, Pak Syahruwardi menolak mengajarkan dan Al Busyra (sangat merasa) diremehkan.
Al Busyra terbakar semangat dalam hatinya berkata,
“ Tidak bisa seperti ini, saya harus mencoba untuk menulis di koran ! ”

Merasa termotivasi Al Busyra berlatih, berlatih dan berlatih hingga pada akhirnya terbitlah tulisannya di surat kabar Singgalang ketika beliau kelas 2 SMP, sebuah surat kabar nasional yang terbit di Padang.

[ terbayang bagaimana rasa bahagia dan bangganya setelah terbitan perdana ini ]

Dengan berjalannya waktu, Al Busyra menjadi jurnalis di Koran Haluan. Setelah berhasil mencapai ambisinya agar tulisannya bisa dimuat di surat kabar, Al Busyra mencari pak Syahruwardi menunjukan hasil karyanya.
“ Pak lihat Pak, saya juga bisa menulis seperti Bapak ! Begitulah kira-kira, ” ujar Al Busyra.

Setelah beres sekolah SMP, walikelas Al Busyra yang bernama Ibu Rifa’ah menanyakan kepada Al,
“ Al, kamu nanti tamat SMP mau kemana ? ”
Al Busyra menjawab belum tahu, Ibu RIfa’ah menyarankan Al Busyra agar melanjutkan SMA ke Bukittinggi, mengingat kemampuan dan kepintaran Al Busyra.

Al masih ragu atas pilihannya terkait melanjutkan pendidikan ke SMA karena harus sejalan dengan restu orang tuanya.
Ibu Rifa’ah bertanya,
“ Boleh nggak saya ke tempat orang tuamu, saya akan bilang saya yang membawa kamu ke Bukittinggi ? ”

Singkat cerita, datanglah Ibu Rifa’ah ke Anding Limbanang menemui orang tua Al Busyra. Ibu Rifa menanyakan kepada orang tua Al terkait kemana rencananya Al Busyra akan melanjutkan pendidikan SMA.
Orangtua Al menjawab, kemungkinan di Limbanang, yang dekat-dekat saja.
Ibu Rifa’ah bernegosiasi dan meminta izin kepada orang tua Al Busyra untuk menyekolahkan Al Busyra ke Bukittinggi.

Akhirnya Al Busyra mendaftarkan diri ke SMA di Bukittinggi bukan dengan kedua orangtuanya, melainkan dipegang tangannya dan didampingi oleh Ibu Rifa’ah.

[ itulah sesosok guru sejati yang mampu hantarkan anak didiknya ke jenjang lebih tinggi ]

Di masa itu, sudah dijalankan program pemerintah Rayonisasi dan untuk masuk SMA harus melewati tes. Al Busyra lolos tes dan keterima di SMA Negeri 3 Bukittinggi, salah satu sekolah tertua di Sumatera Barat.

Cimahi, Minggu, 22 November 2020

Rizal Ul Fikri CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan