banner 728x90

Yuk Mengenal Pelanggan

Yuk Mengenal Pelanggan

Sekilas sulit untuk membedakan antara konsumen dengan pelanggan terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan di dalam sebuah transaksi. Keduanya sama-sama melakukan transaksi. Namun, tahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara pelanggan dan konsumen ?

Pelanggan adalah seseorang yang membeli sesuatu produk atau jasa untuk mereka konsumsi (secara berulang). Bisa untuk dirinya sendiri, tetapi bisa juga untuk orang lain.

Konsumen adalah seseorang yang membeli produk atau jasa untuk mereka konsumsi sendiri (tidak secara terus menerus).
Dari keterangan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pelanggan tidak mengkonsumsinya sendirian dan konsumen mengkonsumsinya sendirian. Itulah perbedaannya.

Ada sepuluh jenis pelanggan yang harus kita ketahui, yakni :

Loyal Customer
Pelanggan jenis ini jika dilihat dari namanya saja bisa dipastikan merupakan pelanggan yang sangat loyal terhadap produk atau jasa yang diberikan oleh pihak perusahaan.

Discount Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang suka dengan discount yang diberikan oleh perusahaan dan mereka akan loyal disaat adanya discount saja.

Need Oriented Customer
Pelanggan jenis ini hampir sama dengan loyal customer, bedanya Need Oriented Customer sangat spesifik dengan produk atau jasa yang akan mereka beli yang tentunya juga sesuai dengan kebutuhan mereka.

High Volume Customer
Pelanggan jenis ini akan suka bertransaksi secara besar-besaran. Ini bisa dikonsumsi untuk diri sendiri atau diperjualbelikan kembali.

Benchmark Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang dapat memicu munculnya pelanggan-pelanggan lain terhadap produk atau layanan dari perusahaan. Biasanya mereka seperti Public Figure atau tokoh masyarakat.

Door Opener Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang membantu perusahaan untuk membuka jalan distribusi produk atau layanan kepada konsumen. Mereka seperti distributor dan lain-lain.

High Future Life Time Value Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang mampu memberikan pemasukan dan keuntungan bagi perusahaan dan mereka dapat mempengaruhi orang lain untuk membelinya.

Inspiring Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang bisa memberikan inspirasi pada orang lain atau masyarakat agar menjadi pelanggan dengan mengedepankan kelebihan berupa keuntungan yang diperoleh, pengurangan biaya atau komisi yang diperoleh.

Wonderer Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang tidak selalu menguntungkan perusahaan, sebab mereka tidak terlalu fokus untuk transaksi terhadap produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Impulsive Customer
Pelanggan jenis ini merupakan pelanggan yang memiliki potensi tinggi bagi perusahaan, apabila ditangani dengan baik.

Selain itu, kita harus mengenal tentang 3 buah orientasi pelanggan.
Apa saja kah itu ?

Cost Oriented
Pelanggan dengan orientasi seperti pada dasarnya mereka akan selektif di dalam memilih produk atau layanan yang memiliki harga atau biaya lebih rendah baik produk, sparepart dan lain-lain.

Value Oriented Customer
Pelanggan dengan orientasi tidak mempermasalahkan berapa besar biaya yang harus mereka keluarkan (?), sebab mereka mampu memprediksi bahwa produk itu bisa bermanfaat.

Technology Oriented Customer
Pelanggan jenis ini memperhatikan teknologi yang digunakan oleh produk tersebut. Meskipun mereka tidak benar-benar membutuhkannya.

Di atas merupakan beberapa penjelasan mengenai pelanggan. Mungkin, anda yang sa’at ini sedang melakukan wirausaha secara online, ini bisa berguna untuk mengetahui pelanggan anda dengan baik.
Semoga bermanfaat ya !

Jombang, Senin, 4 Mei 2020

Manda CJI

Sumber buku : CRM oleh I Putu Agus Eka Pratama

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan