banner 728x90

Sidang Kerja Praktek dalam Jaringan

Sidang Kerja Praktek dalam Jaringan

“In the first time in forever”, disampaikan tokoh Anna dalam film Frozen.
Kalimat itu barangkali penggalan kalimat yang cocok untuk mendeskripsikan kondisi saya saat ini. Saya Rizal Ul Fikri, mahasiswa D3 Usaha Perjalanan Wisata Politeknik Negeri Bandung Semester 6.

Pada tanggal 14 April 2020, saya menjalani sidang Kapita Selekta atau lebih dikenal sebagai Sidang KP (Kerja Praktek). Tidak ada hal yang aneh, kecuali sidang tersebut dilaksanakan pada 14 April 2020 di tengah pandemi Covid 19 dan status darurat bencana Covid 19 di Indonesia.
Meskipun begitu, seperti pepatah barat “the show must go on”, apapun yang terjadi sidang harus tetap dijalankan bagaimanapun ceritanya, sebab jika ditunda atau tidak dilaksanakan sesuai tanggal yang ditetepkan oleh Prodi, maka akan mengganggu agenda akademik ke depannya.

Jadi Sidang (KP), apa yang pertama kali terbesit di pikiran ketika mendengar kata sidang ?

Pengadilan, yaa di pengadilan sering dilaksanakan sidang baik kasus pidana maupun perdata untuk menyelesaikan suatu perkara. Dipimpin oleh hakim sebagai pengadil, jaksa penuntut umum dan dihadiri oleh pihak yang bertikai beserta kuasa hukumnya.
Terdiri dari Sidang Awal, Tengah dan Akhir.

Bagi orang yang aktif dalam organisasi pasti tidak asing dengan sidang-sidang ini, Tujuan dilaksanakan hal tersebut adalah untuk merencanakan ‘rencana aksi’ beserta anggarannya, memantau progress kegiatan dan penyerapan anggaran hingga evaluasi.

Dari dua gambaran sidang diatas, dapat disimpulkan bahwa sidang adalah suatu kegiatan pertemuan serius untuk membicarakan, menyelesaikan dan mempertanggungjawabkan kegiatan. Sidang yang saya alami adalah Sidang Kapita Selekta/Sidang KP.
Sidang ini dilakasanakan untuk mempertanggungjawabkan isi dari laporan Kerja Praktek yang saya susun.

Laporan Praktek Kerja Lapangan berisi gambaran umum tentang apa saja yang sudah dilaksanakan selama kegiatan KP yang berlangsung dari tanggal 13 Januari hingga 03 April 2020.
Saya melakukan kegiatan KP di PT Tama Putera Wisata, sebuah travel agent di Bandung yang kegiatan bisnisnya berfokus dalam penanganan ‘tour inbound’ bagi wisatawan Malaysia dan Singapura.

Sebelum sidang, saya harus menyelesaikan laporan KP (yang sudah di acc) dan mengirimkannya beserta presentasi dalam bentuk ppt ke pembimbing dan penguji. Biasanya, jika dalam keadaan normal, sidang dilaksanakan di ruang 201 gedung B Politeknik Negeri Bandung. Berhubung dengan pandemi Covid 19 yang mengakibatkan kampus ditutup demi alasan keaamanan, kegiatan sidang dilaksanakan secara daring.

Ini merupakan sejarah, sebab baru kali pertama Polban melaksanakan kegiatan sidang secara daring.
Kegiatan sidang yang saya laksanakan menggunakan aplikasi ‘whatsapp’.
Jadi sebelum sidang dimulai, mahasiswa melakukan presentasi secara mandiri, merekamnya dan mengirimkan video tersebut ke penguji di waktu yang ditentukan.
Lalu, penguji akan memberikan pertanyaan di ‘room chat’ pada ‘whatsapp’, baik berupa tulisan maupun dalam bentuk ‘voice note’.

Mahasiswa wajib menjawab semua pertanyaan dari penguji.
Kegiatan berlangsung kondusif. Semua rangkaian presentasi dan tanya jawab dilaksanakan menggunakan bahasa Inggris.

Alhamdulillaah, saya melaksanakan sidang KP dengan lancar. Selain dari persiapan yang matang, baik dari penguasaan bahan dan persipan mental, psikis saya didukung dengan ketenangan yang saya dapat dari berdoa ke Tuhan Yang Maha Kuasa (disamping minta dukungan du’a dari teman-teman di CJI).
Juga, perjuangan saya dilengkapi dukungan moril dan doa dari kedua orang tua dan sanak saudara.
Jadi supaya bisa memenangkan suatu sidang maupun pertempuran, maka harus dipersiapkan dan diperjuangkan dengan usaha multilayer. Baik usaha secara fisik, mental, psikis dan moril serta du’a.

[ di lapangan apapun bisa terjadi ]

Sidang KP telah selesai, tinggal satu langkah lagi untuk menuju kelulusan, yaitu sidang Tugas Akhir (TA).
Sidang TA rencana pelaksanaannya pada bulan September 2020, jika pandemi belum mereda, maka tidak menutup kemungkinan pelaksanaan sidang TA akan dijalankan secara daring.

Mari kita tunggu dan lihat bagaimana perkembangan beberapa bulan ke depan.

Bandung, Jumat, 17 April 2020

-Rizal CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan