banner 728x90

Amerika Dan Pelayaran Eropa

Amerika Dan Pelayaran Eropa

Amerika Serikat atau United States of America. Negara yang digambarkan sebagai implementasi demokrasi terbaik di dunia. Salah satu pemenang perang dunia dan pemilik hak Veto di dunia. Suatu tempat (berjuluk) “American Dreams”, sekumpulan ide bahwa kebebasan meliputi kesempatan untuk makmur dan sukses.
Hal ini didefinisikan oleh James Truslow Adams tahun 1931, “ kehidupan semua orang harus lebih baik dan kaya, penuh dengan kesempatan menurut kemampuan atau prestasinya” tanpa mengenal kelas sosial atau kondisi (tempat) lahir.

Amerika adalah gudangnya kebebasan dimana anda bebas melakukan apapun atau menjadi apapun asalkan tidak melanggar hukum. Amerika juga negara yang dikenal sebagai kiblatnya demokrasi dan senantiasa mensponsori penyebarluasan demokrasi di berbagai belahan dunia. Mereka juga tampil sebagai “The Guardian of Democracy” setelah menjadi negara adidaya tunggal pasca perang dingin serta berkorelasi terhadap perkembangan demokrasi di dunia.

[ walau dalam kenyataan Amerika Serikat sering melakukan pelanggaran besar berupa ikut campur urusan negara lain, menginvasi ]

Dalam sejarah, Amerika ditemukan oleh Amerigo Vespucci, seorang pembuat peta dari Italia. Meskipun dalam sejarah yang lebih terkenal sebagai penemu Amerika adalah Christoper Colombus.
Jadi dahulu, bangsa Eropa benar-benar berambisi untuk menemukan rempah-rempah dan melakukan pelayaran ke berbagai tempat termasuk dunia baru.

Salah satu sumber rempah-rempah yang diperdagangkan dan diketahui oleh Eropa adalah India. Mereka berlayar untuk menemukan India, termasuk Christoper Colombus. Ada yang sampai ke Amerika dan mengira bahwa Amerika adalah India, penduduk asli suku berkulit merah yang mendiami Amerika dinamakan suku Indian. Daerah itu penuh dengan sumber daya alam yang berlimpah, maka meskipun bukan India, ada hasrat bangsa Eropa untuk menguasainya.

Dari pelayaran mencari dunia baru dan India, ada yang sampai ke Afrika. Mereka menganggap bahwa suku Negro Afrika sangat kuat dan bisa diandalkan sebagai tenaga kasar untuk membuka lahan baru.
Akibatnya mereka diburu dan dijadikan budak.

Seiring dengan penguasaan Amerika, terjadi peperangan dengan suku Indian dan perbudakan suku Negro. Dunia dahulu sangat kejam, warna kulit dapat mempengaruhi nasib seseorang. Bahkan konsep kecantikan yang terjadi saat ini, masih merupakan bawaan dari masa lalu. Standar cantik orang kebanyakan adalah kulit putih, rambut hitam lurus, badan tinggi semampai. Suku Negro dengan tenaganya digunakan untuk membuka lahan dan diperlakukan sebagai budak.

Pelayaran yang terjadi di dunia, didominasi oleh bangsa Eropa. Sebenarnya, banyak bangsa-bangsa lain yang melakukan pelayaran juga, hanya saja bangsa Eropa rajin membuat peta dan catatan perjalanan dari setiap pelayaran yang terjadi, alhasil menjadi bangsa yang diketahui eksistensi dan pelayarannya. Jadi, setiap pelayaran berujung pada penguasaan, tidak terkecuali di benua Amerika.

Kanada di Amerika Utara dulunya jajahan Prancis, Amerika Serikat Jajahan Inggris dan Amerika Selatan menjadi Jajahan Spanyol.

[ ada yang tidak pernah diungkap dalam sejarah, ketika Amerika Serikat Merdeka negara atau kerajaan mana di dunia yang menjamin Amerika Serikat bisa merdeka ? ]

Kemerdekaan Amerika Serikat didapat dengan susah payah dan penuh pemberontakan.

Kenapa memberontak ?

Karena di masa itu, sebagai jajahan Inggris, pajak yang dikenakan terlampau besar dan memberatkan. Salah satu alasan untuk merdeka dari Inggris adalah merdeka dari Pajak. Perlawanan dipimpin oleh George Washington dan dibantu oleh Perancis dari utara. Akhirnya dengan perang gerilya dan Kongres Kontinental, mereka berhasil mendeklarasikan kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776.

Perancis memberikan hadiah kemerdekaan berupa ‘Patung Liberty’ yang dirancang oleh Gustave Eiffel, arsitek yang juga merancang Menara Eiffel di Paris, Perancis.

Apa yang terjadi setelah Amerika Merdeka ?

[ To Be Continued….. ]

Bandung, Selasa, 14 April 2020

-Rizal CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan