banner 728x90

TAMBANG SUNGAI BRANTAS

TAMBANG SUNGAI BRANTAS

Eits, ini bukan berarti menambang sesuatu di dasar Sungai Brantas ya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tambang bisa di artikan sebagai galian, cebakan, parit, lubang di dalam tanah, orang yang dimuat, sampan atau perahu, ongkos sewa atau kendaraan yang disewakan.

Yap, jika kita pahami bersama dalam KBBI tambang yang dimaksud adalah sampan atau perahu untuk menyeberangkan seseorang.

Lokasinya berada di Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur.
Tidak jauh dari Pasar Megaluh dan Kecamatan Plandaan dan Kecamatan Ploso.

Biasanya, masyarakat yang hendak ke Pasar Megaluh atau ke Kecamatan Ploso dan Plandaan mereka akan menggunakan jasa tambang Sungai Brantas ini. Ada kurang lebih 5 perahu yang siap mengantar ke seberang. Dengan biaya untuk motor Rp 2.000/3.000 dan mobil atau roda 4 Rp 5.000 untuk sekali naik.

Kapasitas perahu ini bisa muat 2-3 mobil dan 7-9 motor dalam sekali angkut. Bahkan truck roda 4 pun bisa menaiki jasa angkut tambang Sungai Brantas ini.

Tambang Sungai Brantas ini beroperasi dari shubuh hingga malam hari. Tergantung, jika sudah sepi maka biasanya mereka berhenti.
Tidak setiap hari juga jasa ini beroperasi. Jika sungai meluap atau banjir, kemungkinan besar jasa ini tidak akan beroperasi mengingat pentingnya keselamatan jiwa.
Jika nekat menyebrang dengan kondisi sungai yang meluap atau banjir.

Tambang Sungai Brantas ini bisa dijadikan lokasi wisata alternatif bersama keluarga, teman atau orang yang di sayangi. Setiap sore atau pagi hari banyak pemuda pemudi yang berkunjung ke daerah sini. Mungkin hanya sekedar berfoto atau menaiki perahu dan menyebrang ke sebrang bersama kekasih tercinta atau orang yang di sayangi.

Mengingat, lokasinya sangat cocok sekali bagi anda yang sedang mencari suasana-suasana ‘sunset’ atau ‘sunrise’ baik di pagi maupun di sore hari.
Wah seru juga yak !

Namun, pada pagi hari ini saya tidak menemukan aktivitas tambang perahu tersebut.
Alhasil, bertanya kepada warga sekitar.

” Pak, niki dereng beroperasi nggeh ? ” tanya saya dalam bahasa Jawa.
Yang artinya
” Pak, ini belum beroperasi ya ? ”

Lalu warga tersebut juga menjawab dengan bahasa Jawa.

” Dereng mas, ten mriko banjir terose, ” jawab warga yang diartikan dalam bahasa Indonesia
“Belum mas, disana banjir katanya. ”
dan ternyata memang semalam sempat hujan deras sehingga sungai meluap.

Namun, karena lokasi ini berada di Sungai Brantas yang airnya mengalir begitu deras dari bagian hulunya, maka jangan lupa untuk stay save ya.

Hati-hati !

Jombang, Sabtu, 4 April 2020

Manda CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan