banner 728x90

BEGINI ANJURAN CUCI TANGAN DARI WORLD HEALTH ORGANIZATION

BEGINI ANJURAN CUCI TANGAN DARI WORLD HEALTH ORGANIZATION

Belakangan ini kegiatan cuci tangan viral dimana-mana akibat merebaknya dari virus mematikan yang bernama Covid-19 di Indonesia dan seluruh dunia.
Masyarakat telah menyiapkan segala hal persiapan tentang cuci tangan yakni berupa air, ember dan sabun cuci tangan. Ada juga yang bahkan rela mengeluarkan uangnya untuk membeli perlengkapan tersebut lalu menaruh di depan rumahnya masing-masing untuk warga yang melintas ingin cuci tangan atau sekedar membasuh tanpa sabun saja.

Namun, tanpa kita sadari cuci tangan sudah diajarkan sejak zaman nenek moyang kita masih hidup. Kebiasaan ini adalah kebiasaan lokal yang digunakan masyarakat masa lampau sebelum memasuki suatu tempat atau setelah memegang suatu barang, maka mereka di wajibkan untuk melakukan cuci tangan.

[ zaman dahulu sudah terbiasa di pinggir jalan bersedia kendi-kendi berisi air bersih yang bisa diminum langsung dan untuk cuci tangan dan kaki ]

Hal ini diyakini untuk mengusir kuman-kuman yang menempel di tubuh kita sebelum memasuki rumah dan setelah memegang suatu barang tersebut. Sayangnya, kebiasaan ini mulai sudah di tinggalkan. Namun, masih saja ada yang melakukannya.

Cuci tangan adalah salah satu cara kita untuk membersihkan tangan dari kuman atau bakteri yang menempel di tangan kita. Masyarakat sudah terbiasa dengan berbagai cara cuci tangan yang ada saat ini.

Namun, tahukah anda bahwa World Health Organization memberikan anjuran mengenai membersihkan tangan yang benar dan bersih ?

Bagaimanakah caranya ?

Simak penjelasan berikut ini ya !

  1. Basuh kedua tangan dengan air mengalir,
  2. Semprotkan sabun ke telapak tangan,
  3. Gosokkan di telapak tangan,
  4. Lakukan hal yang sama pasa tangan satunya,
  5. Gosok celah-celah jari dan lakukan pada tangan yang satunya,
  6. Gosokkan sabun ke ujung jari dengan mengatupkan tangan dan lakukan hal yang sama pada tangan satunya,
  7. Bersihkan kedua ibu jari dengan cara di putar-putar,
  8. Jika sudah, basuh dengan air mengalir dan lakukan juga untuk kedua lengan anda,
  9. Jangan lupa, bersihkan dengan handuk atau tisu ya !

Nah, itu adalah tips bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia yakni World Health Organization.

Apakah anda hari ini sudah cuci tangan ?

Jangan lupa cuci tangan ya !

Jombang, Selasa, 31 Maret 2020

Manda CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan