banner 728x90

Bandung dan Geliat Si Kulit Bundar

Bandung dan Geliat Si Kulit Bundar

Bandung, sudah banyak orang yang tahu dan mengagumi kota ini karena alam, cuaca dan ke ramah tamahannya. Banyak orang mengakui bahwa Bandung bukan hanya sekedar Kota Pariwisata, namun di balik itu Bandung juga bisa disebut kota penghasil atlet berprestasi sebut saja Beckham Putra sebagai salah satunya.

Ya betul, pemain jebolan diklat Persib Bandung ini kini bermain untuk tim senior Persib. Di usianya yang baru menginjak 18 tahun kurang, dia sudah mencicipi gelar Juara bersama tim Persib Junior.
Tak bisa dipungkiri lagi bahwa ciri khas Kota Bandung salah satunya selain (kuliner) ‘peuyeum’ dan kemacetan (yang sedang tren) adalah Persib Bandung.
Tim berjuluk Maung Bandung ini tidak hanya tim sepak bola, namun di dalamnya terkandung nilai historis dan budaya yang sangat kental.

Dibentuk di masa penjajahan VOC Belanda, para pemuda Bandung bersatu dalam suatu klub yang dulu di namai ‘Bandoeng Indische Voetbal Bond’ ini tercatat diketuai oleh Mr. Syamsudin.

Kenapa Persib bisa dikatakan sebagai nilai budaya ?

Karena Persib sudah mewakili budaya di Bandung Raya maupun Jawa Barat. Salah satu contohnya yakni ketika Persib bertandang, pasti saja banyak masyarakat yang rela mengesampingkan aktifitasnya hanya untuk menonton Persib dan itu sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang gila akan sepak bola.

Tak hanya itu, ketika ada anak-anak yang senang bermain sepak bola lalu di tanya cita-cita (mau jadi) apa ?

Minimal mereka akan menjawab menjadi pemain Persib. Wajar saja jika olahraga yang satu ini bisa dikatakan sebagai budaya, karena di Indonesia sendiri sepak bola sudah masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakatnya.
Olahraga ini merupakan olahraga rakyat, jadi maksudnya adalah olahraga ini tidak begitu ekslusif dan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat dari anak-anak hingga dewasa pasti menyukai sepak bola.

Tak hanya Persib, bahkan dewasa ini banyak di temukan kompetisi-kompetisi untuk mewadahi komunitas pecinta sepak bola untuk selalu bermain dan tentunya merupakan ajang untuk berprestasi. Hal ini tentunya makin membangkitkan gairah sepak bola yang kian hari kian berkembang.
Tentu saja hal tersebut bisa dimanfaatkan bagi tim-tim profesional untuk merekrut pemain di kompetisi tersebut.

Dengan demikian, sepak bola tidak hanya menjadi sarana olahraga akan tetapi banyak nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu iklim persepak-bolaan di Indonesia ini perlu dijaga dan di kembangkan mulai dari pembinaan pemain bola, sarana latihan hingga ke-profesionalannya.

Bandung, Kamis, 5 Maret 2020

Bayu CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan