banner 728x90

INDONESIA MENJADI NEGARA MAJU : INI VERSI PAMAN SAM

INDONESIA MENJADI NEGARA MAJU : INI VERSI PAMAN SAM

Negara dengan julukan Paman Sam secara resmi mengeluarkan keputusan yang mengejutkan beberapa hari yang lalu.

Apakah itu ?

Yap, Indonesia dengan beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Thailand, Brazil, India dll di depak dari daftar negara berkembang versi mereka.

Lalu, mengapa di depak dari negara berkembang ke negara maju ?

Dari data yang dihimpun oleh Kompas TV menurut perhitungan mereka sendiri, negara-negara diatas di anggap 0,5% menguasai perdagangan dunia. Apalagi ada beberapa negara seperti Indonesia yang menjadi anggota negara G20 termasuk perdagangan dunia yang kuat. Jadi, negara-negara tersebut tidak perlu disubsidi kembali.

Negara China yang juga didepak dari list negara berkembang nampaknya tidak terlalu suka.

Lantas apa yang menyebabkan mereka tidak suka ?

Ada 2 alasan yang diambil dari data CNBC Indonesia yakni naiknya peringkat ekonomi dapat segala bentuk kemudahan, potongan bunga atau bahkan subsidi dari perdagangan antar negara dikurangi.
Yang kedua adalah untuk memberikan kemudahan negara Paman Sam untuk menggelar investigasi jika ada praktik perdagangan yang dianggap tidak benar.

Ada 127 negara di dunia yang juga dikeluarkan dari list negara berkembang versi Paman Sam. Beberapa diantaranya yaitu Argentina, Afrika Selatan, Brasil, Ethiopia, India, Iran, Irak, Kolombia, Laos, Lebanon, Myanmar, Pakistan, Rumania, Rusia, Thailand, Vietnam dan Zimbabwe.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia ?

Indonesia sendiri jika di hitung berdasarkan Gross National Income dengan menghitung semua produk yang dihasilkan penduduk dalam negeri dan di luar negeri, lalu dikurangi dengan pendapatan warga negara asing yang ada di negara tersebut.
Indonesia sendiri angka GNI mencapai USD 3.840 ini jauh sekali jika dibandingkan dengan angka USD 12.375 sebagai standart negara maju.

Jadi bagaimana ?

Menurut anda sebagai warga negara apakah kita harus berbahagia atau sebaliknya ?

Yang jelas, kita harus terus giat bekerja untuk menghasilkan produk-produk lokal karya anak negeri untuk terus bisa bersaing di perdagangan dunia internasional untuk mewujudkan Indonesia yang benar-benar maju baik dari segi Infrastruktur, SDM, Ekonomi dsb.

Bandung, Rabu, 4 Maret 2020

Manda CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan