banner 728x90

LANGKAH PEMERINTAH KOTA BANDUNG DALAM MENCAPAI BEBAS ODF 100% 2020

LANGKAH PEMERINTAH KOTA BANDUNG DALAM MENCAPAI BEBAS ODF 100% 2020

Pemerintah Kota Bandung menargetkan terbebas dari “Open Defecation Free” atau Buang Air Besar sembarangan pada 2020. Salah satunya dengan memberikan penghargaan “piagam pelangi” kepada sejumlah kelurahan dan kecamatan yang mempunyai akses sanitasi baik.

Di Bandung sendiri memiliki 200.000 lebih KK yang masih BAB sembarangan. Jika seluruh dana APBD atau dari pusat dikerahkan untuk ODF saja, ini hanya berhasil menyelesaikan sebanyak 5.000 KK artinya ada 115.000 KK yang harus diselesaikan secara swadaya masyarakat mandiri seperti CSR atau dibantu oleh pihak-pihak lainnya.

Forum Bandung Sehat yang diwakili oleh Ibu Siti Muntanah menyampaikan bahwa memang perlu mendukung program Bandung bebas ODF.
Forum Bandung Sehat sebagai support system dari Pemerintah Kota juga terus mendorong masyarakat agar punya jamban sehat secara mandiri. Inovasi lainnya yang dilakukan adalah dengan ngobrol bareng mengenai pentingnya mengelola air kotor biar tidak sembarangan lagi. ODF juga sangat berpotensi menimbulkan adanya stunting. Oleh karena itu, semuanya juga harus terlibat aktif dalam program ini.

Selain itu, Pemkot Bandung terus bekerja sama dengan FBS, dinas terkait dan Komunitas untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Bandung Bebas ODF 2020.

Ketua Forum Kecamatan Kota Bandung menjelaskan, jika angka jumlah penduduk Kota Bandung sebanyak 1.000 orang di zaman kolonial Belanda jadi 1 juta penduduk di zaman sekarang ini. Lahan sudah pasti jelas akan berkurang. Salah satu cara yang sedang dilaksanakan adalah dengan membangun ‘septic tank’ di setiap Kelurahan dengan daya tampung 80-120 KK. Selain itu, juga membentuk “Bang Kasep” yang merupakan singkatan dari “Bangga Kagungan Septic Tank” yang hingga saat ini sudah membangun di 39 titik dengan dana 70 juta.

Kota Bandung juga memiliki saluran limbah terpadu yang dikelola oleh PDAM Kota Bandung yang bermuara di Bojongsoang.
Ada 3 cara untuk membangun akses sanitasi yakni dengan cara penyambungan riil PDAM, menggunakan komunal dan membangun secara pribadi.

Di Kota Bandung baru ada 7 Kelurahan yang sudah 100% bebas ODF yakni Kelurahan Rancanumpang pada 2015, Kelurahan Cihapit, Kelurahan Paledang, Kelurahan Ciateul, Kelurahan Manjahlega pada 2017, Kelurahan Citarum pada 2018 dan Kelurahan Antapani Tengah pada 2019.

Dinas Kesehatan Kota Bandung sudah membentuk wirausaha sanitasi pada padat penduduk.

FBS juga menghimbau untuk terus mengkampanyekan jamban sehat.

Oh iya, bagi kalian yang ingin mengetahui tentang akses sanitasi bisa ‘download smart’ stbm umum.

Bandung, Kamis, 27 Februari 2020

Manda CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan