banner 728x90

EKONOMI INDONESIA

EKONOMI INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Potensi yang mulai diperhatikan dunia Internasional. Ekonomi Indonesia terbesar se-Asia Tenggara yang memiliki sejumlah karakteristik tertentu yang menempatkan negara ini dalam posisi yang bagus dalam proses perkembangan ekonomi yang pesat (maju). Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir dukungan kuat dari pemerintah pusat untuk mengurangi/menghentikan kebergantungan Indonesia pada ekspor komoditas (mentah), sekaligus meningkatkan peran industri manufaktur dalam perekonomian.

Pembangunan infrastruktur juga merupakan tujuan utama pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan jadi efek multiplier dalam perekonomian.

Sebelumnya, Indonesia sering disebutkan sebagai kandidat yang kuat untuk dimasukkan ke dalam kelompok negara BRIC (Brazil, Rusia, India dan China).
Kelompok lain yang tergabung dalam akronim CIVETS (Colombia, Indonesia, Vietnam, Mesir, Turki dan Afrika Selatan) juga mendapat perhatian karena anggota memiliki sistem keuangan yang cukup canggih dan populasi yang tumbuh cepat.

Meski pemerintah ingin mengurangi kebergantungan tradisional pada ekspor komoditas mentah dan meningkatkan peran industri manufaktur itu adalah jalan yang sulit, terutama karena investor swasta masih tetap ragu-ragu investasi di Indonesia. Tetapi transformasi ini penting dilakukan karena penurunan harga komoditas setelah tahun 2011 telah berdampak drastis pada Indonesia.

Pemerintah di bawah masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah menerapkan beberapa (kebijakan) reformasi struktural yang bertujuan untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang, tetapi menyebabkan rasa sakit (efek) jangka pendek. Misalnya sebagian besar subsidi BBM telah berhasil diberhentikan, prestasi yang luar biasa karena dalam beberapa tahun adanya pemotongan subsidi BBM akibat rendahnya harga minyak dunia itu selalu menyebabkan kemarahan besar dalam masyarakat. Selain itu, pemerintah menempatkan prioritas tinggi pada pembangunan infrastruktur dan investasi.

Bandung, Rabu, 15 Januari 2020

By Manda CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan