banner 728x90

Closing Character Building 2019

Closing Character Building 2019

“Pengetahuan dan Teknologi meskipun berguna bisa kadaluarsa, tetapi tidak untuk karakter. Karakter yang baik akan berguna sepanjang masa”.  Itulah pesan yang disampaikan oleh Sri Raharso selaku Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politehnik Negeri Bandung saat membuka acara ”Closing Character Building 2019”.

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi D-3 Usaha Perjalanan WIsata (UPW) pada Jum’at, 6 Desember 2019 di Pendopo Tonny Soewandito Jl Gegerkalong Hilir, Ciwaruga. Ini adalah penutupan mata kuliah Character Building, mata kuliah milik Prodi D-3 UPW dengan dosen pengampuh Tamara Herlinda.

Program Studi Usaha Perjalanan WIsata yang dipimpin oleh Marceilla Suryana selaku ketua prodi mempunyai suatu mata kuliah yang unik yaitu Character Building (CB). Ini adalah mata kuliah Pendidikan karakter selama 3 semester ganjil. Mata kuliah ini melibatkan mahasiswa tingkat satu (semester 1), tingkat dua (semester 3) dan tingkat akhir (semester 5).
Mereka dikumpulkan dan dibagi secara acak ke beberapa kelompok. Kelompok ini terdiri dari campuran mahasiswa semester 1, 3 dan 5 dengan rata-rata jumlah angggota 15-18 orang per kelompok selama 1 semester. Setiap kelompok dituntut mencari dana dengan cara berwirausaha dengan target pendapatan Rp. 3.000.000 selama satu semester.

Selain daripada itu, setiap kelompok bertugas untuk menyelenggarakan suatu proyek. Selain melaksanakan proyek, setiap kelompok bertugas untuk menjadi fasilitator untuk membuat game/lomba yang melibatkan fisik, kecerdasan dan ketangkasan.
Hasilnya diakumulasikan dan diumumkan di Acara ‘Closing Character Building’ sebagai CB Terbaik.
‘CB World Tourism Day 2’ berhasil menjadi CB terbaik.

Umumnya, nama setiap kelompok sama dengan proyek yang dilaksanakan.

Ada 6 kelompok CB di 2019:
1.       CB Gathering,
Proyek; Gathering,
Ketua; Heri Imanuddin
2.       CB Wisuda,
Proyek; Berdagang Saat Wisuda D3 dan D4 Polban, Ketua; David Effendi
3.       CB Sumpah Pemuda, Proyek; Bakti Sosial di Panti Jompo,
Ketua; Tsany Abbyuabyan
4.       CB World Toursim Day 1,
Proyek; Lomba Grafitti, Ketua; M. Fadlillah
5.       CB World Tourism Day 2,
Proyek; Perayaan World Tourism Day,
Ketua; Agus Gunawan
6.       CB Kebudayaan Indonesia,
Proyek; Grand Closing Character Building,
Ketua M. Akmal A.

Masing-masing ‘CB’ mempunyai 2 tutor yang terdiri dari 1 dosen senior dan 1 dosen muda.

Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur Polban Rachmat Imbang T dan secara simbolik dengan menggoyangkan angklung. Di acara ‘Closing Character Building’, setiap ‘CB’ harus menampilkan suatu kesenian daerah.
Ada ‘CB’ yang menarikan tarian daerah, mementaskan drama cerita lokal daerah dan menyanyikan lagu daerah.

Suasana berlangsung dengan ceria, ada hal yang menarik yaitu ada (sesuatu) ketika acara berlangsung, Pembantu Direktur 3 Harita Chamidy membawa tamu dari Malaysia untuk hadir di acara ‘Closing Character Building’.
Tema yang diusung dalam acara ini adalah
“Dina Kiwari Ngancik Bahari”, yaitu bagaimana pemuda hidup di era modern tetapi masih mempunyai semangat menghargai nilai budaya dan kebudayaan.

Acara ini juga sekaligus pelepasan mahasiswa tingkat 3 yang akan bersiap menghadapi PKL.

Semoga, Pendidikan karakter selama 3 semester ganjil dapat menjadi bekal yang berguna untuk bersaing di dunia industri dan untuk hidup di masyarakat.

Bandung Barat, Sabtu, 7 Desember 2019
-Rizal CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan