banner 728x90

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2019

Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2019

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung tidak pernah lelah untuk menjaga warisan cagar budaya dan merawatnya. Buktinya pada hari Selasa tanggal 3 Desember 2019, Disbudpar Kota Bandung melaksanakan acara Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung di Hotel Savoy Homann Jl Asia Afrika No. 112 Bandung. Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung menjadi ajang untuk memantik upaya pelestarian cagar budaya.

Penganugerahan ini memilih berbagai bangunan cagar budaya di Kota Bandung yang masih terjaga dengan baik hingga hari ini. Piala Anugerah Cagar Budaya diberikan untuk setiap bangunan cagar budaya yang terpilih setiap tahunnya sesuai kriteria yang telah ditentukan oleh panitia penilai.

Ya, Kota Bandung merupakan Kota bersejarah, sejarah telah bergulir di Kota Bandung sejak dahulu.
Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangunan lama yang dibangun sejak zaman kolonial (Belanda) di Kota Bandung.

Menurut Undang Undang Cagar Budaya No. 11 Tahun 2010, bangunan yang berusia lebih dari 50 tahun atau lebih termasuk Cagar Budaya dan harus dilindungi oleh pemerintah. Selain daripada itu, Kota Bandung bersama DPRD Kota Bandung telah menerbitkan Perda No. 7 tahun 2018 Tentang Pengelolaan Cagar BUdaya yang bertujuan untuk :
1.       Mempertahankan keaslian Cagar Budaya yang mengandung nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan
2.       Melindungi dan memelihara Cagar Budaya dari kerusakan dan kemusnahan baik karena tindakan manusia maupun proses alam
3.       Memulihkan keaslian yang mengandung nilai sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan
4.       Mewujudkan Cagar Budaya sebagai kekayaan budaya untuk dikelola, dikembangkan dan dimanfaatkan sebaik baiknya dan sebesar besarnya untuk kepentingan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan citra positif daerah dan tujuan wisata.

Intinya, acara ini dilaksanakan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemilik atau pengelola Bangunan Cagar Budaya atas prakarsa dan kreatifitasnya yang telah turut memelihara serta mengembangkan citra Kota Bandung secara baik dan prestisius. Oleh sebab itu, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung memberikan penghargaan berupa Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung.

Adapun penerima Anugerah Cagar Budaya Kota Bandung Tahun 2019 adalah :
1.       Rumah Boekittinggi di Jl Tamansari No. 92
2.       Rumah Drie Locomotieven di Jl Ir. H. Djuanda No. 115
3.       Rumah Keluarga Thaufiq Siddiq Boesoirie di Jl Belitung No. 4
4.       Gereja Pandu di Jl Pandu No. 4
5.       OCBC NISP (Eks-Toko De Vries) di Jl Asia Afrika No. 100
6.       Bank Mandiri KCP Alun Alun (Eks-Ned. Handel Maatschappij) di Jl Asia Afrika No. 61
7.       Panti Asuhan Tambatan Hati Jl Galunggung No. 23
8.       Rumah Keluarga Lenawaty Jl Kasim No. 4, 6, 8
9.       Rumah Keluarga Sukandar Jl Palasari No. 5

Dengan semangat kolaborasi yang baik dari para stakeholders, seperti tim ahli cagar budaya, perangkat daerah, komunitas, pemilik dan pengelola bangunan cagar budaya, saya yakin kita bisa menjaga dan merawat cagar budaya di Kota Bandung agar tetap kokoh berdiri di masa yang akan datang.

Bandung, 3 Desember 2019
-Rizal CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan