banner 728x90

BANDUNG PUNYA BOM WAKTU?

BANDUNG PUNYA BOM WAKTU?

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung?

Sebagai Kota yang dijuluki sebagai ‘Paris Van Java’, tentu saja Kota Bandung memiliki daya tariknya sendiri untuk menggaet masyarakat lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati keindahan Kota yang disuguhkan. Banyak dari mereka  yang meluangkan waktunya hanya untuk berburu pakaian, kuliner bahkan berbondong – bondong berlibur  untuk menghilangkan penat bersama keluarga.

Tidak sedikit juga pendatang yang memutuskan untuk menetap dan membangun usaha di Kota Bandung. Hal tersebut tentu saja membuat Bandung menjadi ‘surganya’ banyak hal.

Namun siapa sangka, dibalik ketenaran dan keindahannya, Kota Bandung memiliki bom waktu yang siap meledak kapan saja.

Tiap harinya, Kota Bandung bisa menghasilkan kurang lebih 1500 ton sampah, atau setara dengan luas satu lapang sepakbola. Tentu saja hal tersebut lahir karena makin maraknya barang – barang yang hanya digunakan sekali pakai. Tanpa kita sadari, tempat pembuangan akhir atau TPA mulai meluap dan bisa meledak kapan pun.

Masih ingatkah dengan meledaknya TPA Leuwigajah?

Ya, tepatnya pada tahun 2005 terjadi Tragedi Bandung Lautan Sampah yang disebabkan oleh Longsornya TPA Leuwigajah. Tumpukan sampah yang jumlahnya tidak terhitung banyaknya, itulah yang disebut dengan Bom Waktu bagi Kota Bandung, karena apabila tidak di kelola dengan baik, kejadian meledaknya TPA Leuwigajah tidak dapat dihindari bakal terulang lagi. Bahkan, meski sudah dipindah tempatkan, TPA Sarimukti pun kini sudah mulai penuh.

Lalu, jika semua TPA sudah penuh, lalu akan dikemanakan sampah Kota Bandung?

 

 

Bandung, Sabtu, 24 Agustus 2019

 

Cica CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan