banner 728x90

Hadiah Terbesar dari Presiden Jokowi untuk Lingkungan dan Masyarakat Jawa Barat

Hadiah Terbesar dari Presiden  Jokowi untuk Lingkungan dan Masyarakat Jawa Barat

PERPRES NO 15 TAHUN 2018
Hadiah Terbesar dari Presiden Jokowi untuk Lingkungan dan Masyarakat Jawa Barat

“Sungai Citarum Harum
Lingkungan Harum Semerbak
Rahayat Jawa Barat Gemah Ripah Repeh Rapih Mewangi”

Pencanangan “Gerakan Citarum Harum” telah dilangsungkan pada hari Selasa tanggal 19 Februari 2019 di Gedong Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat oleh multi ‘stakeholders’ dan seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat di sepanjang DAS Citarum.


Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan beserta rombongan, DanSatgas Citarum Harum sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta rombongan, Kasdam 3 Siliwangi beserta rombongan, Polda Jabar, Kajati Jabar, Bupati Bandung Dadang Naser selaku tuan rumah, Para Dansektor, Menteri PUPR beserta rombongan, Tokoh Lingkungan Hidup, Tokoh Masyarakat, Akademisi, Media & Citizen Journalism, Seniman, Agamawan, Budayawan, Pramuka dan elemen lainnya.

Kemarin dilakukan penanda tanganan bersama Gerakan Citarum Harum.

Sungai Citarum telah terbukti selama puluhan tahun memberi manfa’at kepada penduduk yang ada di Pulau Jawa dan Bali termasuk penduduk Ibukota, DKI Jakarta.

Air Sungai Citarum telah menggerakkan 3 turbin di 3 bendungan PLTA, Saguling-Cirata & Jatiluhur, sehingga energi listrik bisa mengalir menghidupi dan menggerakkan roda kehidupan dan roda ekonomi sebagian besar penduduk serta industri yang ada di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Gedung Pemerintah bisa berfungsi karena ada listrik di dalamnya.
Rumah Sakit dan Bank bisa beroperasi karena tenaga listrik.
Perguruan Tinggi dan Gedung Riset bernyawa karena ada listrik.
Gedung Kodam, Polda & Pengadilan bisa berfungsi karena ada energi listrik.

Bayangkan dan fikiran dengan seksama
Apa jadinya ketika Air Sungai Citarum yang hari ini sedang sekarat dan kritis bercampur sampah & limbah beracun berbahaya kering ‘saat’ kerontang tidak ada setetes air pun yang tersisa ?

Sehingga semua turbin di 3 PLTA tersebut berhenti total dan aliran listrik mati yang mengakibatkan seluruh Pulau Jawa dan Bali mati dan padam permanen ?

Berapa juta triliun rupiah kerugian negara setiap hari, setiap minggu, setiap bulan yang harus diderita oleh negara dan bangsa Indonesia karena energi listrik dari PLTA Sungai Citarum berhenti total selamanya ?

Berapa juta liter solar per hari yang harus dikeluarkan oleh pemerintah dan swasta untuk bisa sekedar menghidupkan dan menghasilkan energi listrik supaya bisa menghidupkan seluruh fasilitas yang ada di Pulau Jawa dan Bali ?

Mampukah pemerintah dan swasta membeli solar sebanyak itu selama berbulan-berbulan apalagi bertahun-tahun ?

Negara mana yang siap memasok solar jutaan liter per hari selama puluhan bulan dan tahunan hari ke depan ?

Sudah sa’atnya kita semua mulai hari ini serius dan bekerja keras secara bersama untuk secepatnya memulihkan kembali Sungai Citarum kepada keadaan semula yang Airnya Suci dan Bersih.

Sa’atnya seluruh warga masyarakat dan warga negara Indonesia yang berada di Jawa Barat dan penghuni Pulau Jawa dan Bali membebaskan seluruh kawasan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum selamanya Bebas dan Merdeka.

Sa’atnya Kawasan Bandung Utara dan Kawasan Bandung Selatan yang menjadi tempat cikal bakal Hulu dan Sumber ‘Bijil’ Air Sungai Citarum dijadikan Tanah & Lahan Wakaf Permanen Urang Sunda dan Masyarakat Jawa Barat yang hanya bisa ditanami Pohon berguna bagi dan demi kelestarian serta kepentingan Sungai Citarum.

Bantaran Sungai Citarum, 100 meter kiri kanan, dari mulai hulu sampai hilir wajib dimerdekakan supaya Sungai Citarum berdaulat penuh.

Tanami Pohon sumber Ketahanan Air dan tanami kembali Pohon Pangan sumber Ketahanan Pangan Organik dan Ketahanan Pangan Nasional.

Jangan pernah biarkan dan loloskan setetes
Air ‘Najis’ Limbah Beracun Berbahaya apapun masuk dan mengotori Air Sungai Citarum.

Siapapun dan pabrik industri apapun yang ngotot buang air dan cairan najis tersebut hentikan selamanya, tenggelamkan bersama cairan limbahnya.

Semoga Sungai Citarum mulai hulu, tengah sampai hilir tidak menjadi sumber malapetaka dan bencana baik bencana alam maupun sosial yang siap menerjang Jawa Barat kapanpun dan dimanapun.

Semoga Allooh SWT Tuhan YME senantiasa melindungi gerak langkah bersama kita dalam mempercepat pulihnya kembali ke’Suci Bersih’an Sungai Citarum yang kembali mengharumkan masyarakat Jawa Barat dan Bangsa Indonesia, aamiiin.

Bandung, 20 Februari 2019
CJI Zaki

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan