banner 728x90

“Evaluasi 1 (Satu) Tahun Program Citarum Harum”

“Evaluasi 1 (Satu) Tahun Program Citarum Harum”


Pada 15 Januari 2019 telah dilaksanakan Evaluasi 1 (Satu) Tahun Program Citarum Harum di Graha Manggala Siliwangi Jl Aceh No. 66 Kota Bandung.

Berbagai instansi pemerintahan datang mengikuti acara tersebut. Dari pusat, provinsi dan kota.kabupaten yang terkait dengan Sungai Citarum.
Salah satunya, Wakil dari Kemenko Maritim, Dr.Tb.Haeru Rahayu, M. Sc.

Beliau memaparkan beberapa hal terkait Program Citarum Harum. Dimana program ini berawal dari kegundahan masyarakat dan permintaan bantuan dari Gubernur Jawa Barat saat itu, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc., M.Si kepada salah satu diplomat karena merasa tidak enak program yang dijalin belum terealisasikan dengan baik.

Menurut Inpres No. 12 Tahun 2016 disebutkan bahwa Kemenko berperan sebagai Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, artinya Kemenko memiliki hak secara konstitusional untuk terjun ke dalam Program Citarum Harum. Kemudian, sulitnya koordinasi diantara komponen dan elemen (Pemda, Pusat, Masyarakat) yang biasa disebut ‘pentaheliks’ ini menjadi kendala paling utama dalam pelaksanaan Program Citarum Harum, “Mohon maaf, media juga tidak kompak ini yang saya lihat gitu, kadang-kadang suka ditambahin dan seterusnya gitu, oleh karena itu, kita harus menyamakan ‘pentaheliks’ ini demi anak cucu kita”, tegas beliau.

Berbagai kendala yang dihadapi itu, tidak menyurutkan semangat. Mereka selalu mengupayakan di setiap waktunya, hari Jum’at lalu mereka mendatangi untuk memastikan, karena menurut Dr. Tb. Haeru ini mereka ditugaskan untuk meyakinkan semua pihak dan aspek yang terkait,
“Karena janji Presiden itu, janji kita, janji Saya, dan janji Anda (kepada salah satu anggota CJI)”.

Dengan segala kendala dan sinergitas yang terjalin tersebut, sederhana harapan beliau yaitu adanya tanggung jawab dari semua komponen masyarakat untuk saling mengedukasi mulai dari ruang lingkup yang kecil hingga dalam ruang lingkup besar sebagai tanggung jawab aparat pemerintah untuk lingkungan yang lebih baik.

Selasa, 15 Januari 2019
–Selvika, CJI-

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan