banner 728x90

Peninjauan ke lokasi pengerukan sedimentasi Sungai Citarum di Sektor 6 Kabupaten Bandung

Peninjauan ke lokasi pengerukan sedimentasi Sungai Citarum di Sektor 6  Kabupaten Bandung

Tiga Pertanyaan Untuk
Prof. Dr. Melinda Laituri :

Apa Tujuan Anda Datang Ke Sektor 6 Sungai Citarum ?

Bagaimana Menurut Anda Kondisi Sungai Citarum Ketika Garry (Mengarungi Lautan Sampah) Sampai Viral Sebagai Sungai Terkotor se Dunia Dengan Kondisi Sekarang ?

Apa Harapan Anda Ke Depan Tentang Sungai Citarum ?

Itulah ketiga pertanyaan yang saya ajukan kepada Prof. Dr. Melinda Laituri yang sengaja datang bersama rombongan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kemenko Maritim dan Reporter South China Morning Post Nadine berkunjung ke Sektor 6 yang langsung diterima oleh Dansektor 6 Kolonel Yudi Zanibar.

Rombongan pertama dibawa ke lokasi pengerukan sedimen di Sungai Citarum yang telah berpuluh tahun menghuni dasar sungai. Menjadi penyebab terjadinya banjir begitu hujan datang.

Setelah itu, rombongan dibawa ke lokasi tempat (bekas) pembuangan sampah yang telah membukit puluhan tahun pula. Sekaligus meninjau langsung tempat salah seorang warga memilah sampah plastik.

Selanjutnya rombongan dibawa menyusuri ‘Sungai Citarum Mati’ mengendarai alat transportasi khusus milik TNI Kodam 3 Siliwangi untuk patroli dan membersihkan sampah yang ada di Sungai Citarum.

Terakhir rombongan dibawa ke lokasi tempat Gary berakit di lautan sampah yang menghantarkan Sungai Citarum mendapat predikat sebagai ‘Sungai Terkotor se Dunia’.

Sekarang tempat itu telah berubah, dulu yang terlihat hanya lautan sampah, tapi kini yang terlihat hanya permukaan air Sungai Citarum. Di bantaran Sungai Citarum dihiasi tanaman sayuran dan ditanami berbagai macam pohon.

Setelah melihat tempat pembakaran sampah (Incinerator) dan melakukan ‘Deklarasi ‘Sektor 6′ Mantap’ di atas jembatan bambu, rombongan pamit dan akan melanjutkan ke Sektor paling hulu dari DAS Citarum yaitu ke Situ Cisanti.

Insyaa Allooh, besok berbagai pertanyaan dan permasalahan yang ada dan terjadi di bantaran Sungai Citarum akan dibedah secara ilmiah oleh Prof. Dr. Melinda Laituri di Kampus Unpad Jatinangor.

Semoga permasalahan yang riil terjadi di Sektor 6 bakal jadi masukan yang sangat berharga dan bisa jadi acuan agar muncul ide & gagasan kreatif yang dapat menghasilkan solusi-solusi yang aplikatif demi percepatan perbaikan DAS Citarum beserta segala permasalahannya yang ada.

Cigebar ‘Oxbow’ Sektor 6 Kabupaten Bandung – Rabu, 19 September 2018
Zaki CJI

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan